SEJARAH

LOGO YAYASANPNG LOGO

Sekolah Pesantren Modern At-Taqwa Gn. Putri adalah lembaga pendidikan Islam swasta di bawah pengelolaan Yayasan Masjid At-Taqwa Nagrak yang diketuai oleh H. Moch.Ilyas.Sekolah Pesantren Modern At-Taqwa Gn. Putri saat ini menempati kampus yang berlokasi di Jl. KH.Rafe’i No. 15 RT 03/ 04 Ds. Nagrak Kec.Gn. Putri Kab.Bogor, diatas areal tanah seluas 5.528 m2, yang merupakan tanah milik pribadi.

Yayasan Masjid At-Taqwa Nagrak, cikal bakalnya bermula dari sebuah mushalla At-Taqwa yang didirikan pada tahun 1988 dengan luas bangunan 500 m2 yang merupakan wakaf dari H. Moch. Ilyas. Seiring dengan perkembangan jama’ah dan sarana mushalla yang perlu perbaikan, maka pada tahun 2004 mushalla tersebut direnovasi dan nama mushalla diganti menjadi masjid. Pada tanggal 27 Mei 2006 masjid At-Taqwa diresmikan dan kini berdiri megah di atas area tanah seluas 2.200 m2.

Pengembangan Yayasan Masjid At-Taqwa Nagrak tahap berikutnya adalah membangun lembaga pendidikan.Pada tahun 2002, Bapak H. Moch. Ilyas membeli sebidang tanah seluas 795 m2, kemudian pada tahun 2007 dibangunlah sebuah bangunan tiga lantai yang kemudian digunakan untuk SMP Pesantren Modern At-Taqwa Gn. Putri dan pada tahun 2008 diresmikanlah SMP Pesantren Modern At-Taqwa. Pada tahun 2010, Yayasan Masjid At-Taqwa Nagrak membeli tanah seluas 1.000 m2, yang akan diperuntukan sebagai gedung belajar untuk tingkat SMP dan SMA. Pada tahun 2012, mulailah dibuka pendidikan SMA Pesantren Modern At-Taqwa.

Sekolah Pesantren Modern At-Taqwa dirintis dan didirikan oleh beberapa orang tokoh yang notabene adalah para aktivis dakwah, alumni beberapa pondok pesantren dan perguruan tinggi. Hal inilah yang menjadi sedikit pembeda dengan pesantren lainnya yang umumnya didirikan oleh seorang figure sentral, yang pengelolaan dan kepemilikan selanjutnya “dikuasai” oleh seorang kiyai dan bersifat turun temurun. Namun tidak demikian dengan Sekolah Pesantren Modern At-Taqwa, pesantren ini didirikan oleh sekelompok orang, mereka adalah Ujang Riva’i, S.Ag, Ahmad Jazuli, S.Pd, Tajudin, S.Pd.I, dan Hendra Muharram, SE. Adapun yang menjadi simpai pengikat-nya adalah kesamaan idealism dalam upaya menyemaikan nilai-nilai luhur yang menjadi intisari Islam, yakni syi’ar Islam, ukhuwah Islamiyah dan keikhlasan.

Para perintis dan pendiri Sekolah Pesantren Modern At-taqwa dikomandani oleh Bapak H. Moch.Ilyas, seorang alumni dari Pondok Pesantren Modern Gontor.Beliau adalah seorang pengusaha yang juga sangat peduli terhadap pendidikan Islam. Berkat dukungan dari keluarganya, SMP Pesantren Modern At-Taqwa pada bulan Juni 2009 telah menerima santri sebanyak 20 orang.

Pada awal konsep pendiriannya, SMP Pesantren Modern At-Taqwa akan menerima santri putra dan putri. Tetapi, berdasarkan pertimbangan dari dua orang guru Bapak H. Moch.Ilyas, yakni Bapak KH.Yusuf kamildan KH.Zarwani agar Sekolah Pesantren Modern At-Taqwa menerima santri putri saja. Akhirnya Bapak H. Moch. Ilyas menerima saran dari kedua gurunya tersebut.Sampai dengan perkembangan berikutnya, santri di Sekolah Pesantren At-Taqwa kian banyak. Bukan hanya mereka yang berasal dari pulau Jawa, bahkan dari luar Jawa.